Selasa, 06 Maret 2012

Logam Memberikan Warna Yang Khas



  • Yang mana dari senyawa-senyawa logam (kation atau anion) yang memberi warna nyala?
Spesi yang memberi warna nyala yaitu kation. Karena sebagaimana kation dari unsur logam alkali mempunyai warna yang khas, demikian pula logam-logam alkali tanah.
  • Bagaimana unsur menghasilkan spekrum warna?
Pada pemanasan/pembakaran senyawa alkali pada nyala api menyebabkan unsur alkali dan alkali tanah tereksitasi dengan memancarkan radiasi elektromagnetik sehingga memberikan warna nyala.
  • Kesimpulan reaksi nyala senyawa logam, kususnya logam alkali dan alkali tanah!
Pada pemanasan/pembakaran senyawa alkali pada nyala api menyebabkan unsur alkali tereksitasi dengan memancarkan radiasi elektromagnetik sehingga memberikan warna nyala. Sebagaimana kation dari unsur logam alkali mempunyai warna yang khas, demikian pula logam-logam alkali tanah



kenapa warna api ada yang Biru, orange, Hijau...?



Api yang berwarna-warni bisa disebabkan beberapa hal.
satu, karena suhu. api yang suhunya berbeda memiliki warna yang berbeda. contoh, api kompor gas yang berwarna biru lebih panas daripada api pembakaran sampah yang warna kuning.
kedua, karena adanya berbagai jenis logam yang dikandung oleh bahan yang terbakar. setiap jenis logam menghasilkan nyala api yang khas. meski kandungan logamnya sedikit, cukup untuk memberi warna pada api. misalnya kembang api, dibuat dari campuran senyawa tertentu yang aneh-aneh, kalau dinyalakan warnanya beda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar